.


Sisihkanlah Rp. 10.000,- / bulan
Untuk memajukan Buddha Dhamma
Bersama Jaya manggala Group
TERIMA KASIH...

Sabtu, 13 Februari 2010

Cara Tepat Mendidik Anak

Arsip Talkshow Ayah Edy

INFO Kegiatan - Medan

Bagaimanakah cara yang tepat dalam mendidik anak? Mungkin ini adalah pertanyaan paling dasar yang jawabannya harus diketahui oleh para orang tua, para calon orang tua, dan mereka yang sehari-harinya berkecimpung dalam dunia pendidikan anak misalnya para guru atau pengajar.

Sayangnya dalam praktek, mendidik anak saat ini masih dilakukan dengan cara tradisi turun temurun, dalam arti cara mengajar anak dilakukan dengan mempraktekkan apa yang telah diterima oleh pengajar ketika masih anak-anak. Toh hasilnya juga baik, mungkin ini yang dipikirkan oleh para pengajar sembari merujuk kepada diri sendiri.

Tetapi kadang kala, cara mendidik anak seperti ini tak jarang ‘mentok’ alias buntu ketika menemui kondisi atau keadaan yang tidak ditemukan di masa dulu. Contoh yang gampang adalah serbuan produk teknologi tinggi seperti telepon selular, komputer, dan konsol game. Produk-produk tersebut adalah produk hasil teknologi baru yang tentu saja bahkan tidak pernah dipergunakan oleh para orang tua atau para pengajar ketika masih anak-anak. Apakah produk baru tersebut baik untuk anak? Atau apakah produk tersebut malah membawa dampak buruk bagi anak? Jawabannya belum tentu sedangkan dunia akan terus menghasilkan produk-produk teknologi baru.

Lalu kemudian banyak juga orang tua atau pengajar yang menerapkan cara menghukum dan memberi hadiah (reward and punishment). Sebuah cara klasik juga yang katanya terbukti efektif menembus batas generasi. Sayangnya dalam praktek, kadang-kadang yang memberi hukuman atau hadiah tidak mengetahui cara memberi hukuman/hadiah yang tepat, waktu memberi hukuman/hadiah yang tepat, dan bentuk hukuman/hadiah yang tepat. Sehingga akhirnya hasil yang didapatkan malah jauh dari harapan. Kasih sayang malah berujung pada pemanjaan. Dan peringatan menjadi kemarahan.

Memang pendidikan anak mutlak adalah tanggung jawab dari orang tua. Dan mendidik anak seharusnya bukan asal didik tapi harus tepat. Banyak praktisi yang telah membuktikan bahwa dengan cara mendidik yang tepat, sebenarnya keluarga yang harmonis dan bahagia bukanlah impian kosong. Salah seorang praktisi yang cukup terkenal di Indonesia khususnya adalah Ayah Edy, yang memiliki impian untuk membangun Indonesia yang kuat dari keluarga (Indonesia Strong from Home).

Bagi Ayah Edy, “mendidik anak dengan tepat adalah membangun pengertian dan kesadaran pada anak – anak kita tercinta, sehingga mereka tidak selalu mengulang kesalahan yang sama

Sebagai orang tua atau pengajar, yang diperlukan untuk membangun keluarga selain kasih sayang dan tanggung jawab, adalah semangat untuk belajar dan berubah ke arah yang lebih baik demi keluarga.


Dan sebuah kabar gembira khusus untuk para orang tua dan pengajar di kota Medan dan sekitarnya. Ayah Edy akan hadir dalam Parenting Seminar pada tanggal 14 Maret 2010, pukul 13.00 – 18.00 WIB bertempat di Grand Ballroom Hotel JW Marriot Medan.


Untuk informasi dan pendaftaran dapat langsung menghubungi panitia pelaksana di 061 76287103/ 08126535935 dengan Jinamarga atau dapat menghubungi Meliana di 081973083854. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di website kami di http://jayamanggalagroup.com . Tiket SOLD OUT 50 %, buruan pesan, jangan sampai ketinggalan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar